Seluk Beluk Program Studi Administrasi Bisnis di Telkom University

Berbicara tentang manajemen tidak akan lengkap tanpa menyebut program studi Administrasi Bisnis (AdBis). Selain menjadi salah satu program studi yang paling diminati dalam ranah ilmu manajemen, peluang kerja lulusan AdBis yang menjanjikan membuat banyak calon mahasiswa tertarik untuk mengambil jurusan ini.

Namun, meskipun banyak diminati, sebagian besar orang belum memahami secara mendalam tentang program studi ini, baik dari sisi akademik maupun peluang kariernya. Padahal, Administrasi Bisnis mungkin adalah jurusan manajemen dengan cakupan keilmuan yang paling luas.

Saat ini, Administrasi Bisnis menjadi salah satu pilihan program studi di Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University. Selain kelas reguler, Telkom University juga menawarkan kelas internasional untuk pelajar berbahasa asing serta jenjang Magister untuk mereka yang ingin melanjutkan studi pascasarjana.

Garis Besar Bidang Keilmuan di Program Studi Administrasi Bisnis

Ketika mendengar kata "Administrasi," banyak orang mengaitkannya dengan tugas-tugas kecil yang berhubungan dengan manajemen perusahaan atau lembaga usaha, seperti menerima telepon, mencetak surat, dan mengirim surel.

Anggapan ini jelas tidak tepat. Faktanya, bidang keilmuan Administrasi Bisnis mencakup berbagai keterampilan khusus yang sangat bermanfaat di dunia kerja modern. Selain mempelajari materi yang berkaitan dengan manajemen, mahasiswa prodi ini juga wajib mempelajari materi akuntansi, statistik, operasi bisnis, bahkan analisis data.

Sebagai gambaran umum, berikut beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa Administrasi Bisnis:

- Aplikasi dan Pemrograman Komputer

- Akuntansi

- Perilaku Konsumen

- Sistem Informasi Bisnis

- Komunikasi Bisnis

- Analisis Data

- Perencanaan Keuangan

Selain mata kuliah inti yang berhubungan dengan bisnis dan administrasi, ada juga beberapa mata kuliah pelengkap, seperti pemasaran, statistik bisnis, Bahasa Inggris, dan literasi teknologi.

Administrasi Bisnis di Telkom University

Program Studi Administrasi Bisnis di Telkom University berada di bawah Fakultas Komunikasi dan Bisnis dengan kualitas program studi yang sangat baik. Selain mendapatkan akreditasi Unggul, program studi ini juga telah terakreditasi secara internasional oleh ASIC sejak tahun 2019. Inilah yang memungkinkan Telkom University untuk membuka kelas internasional untuk jurusan ini.

Dengan kurikulum yang kaya akan muatan kewirausahaan, lulusan S1 Administrasi Bisnis Telkom University mampu mengembangkan keterampilan entrepreneurship, keterampilan interpersonal, dan kemampuan komunikasi yang baik untuk menjadi profesional yang kompeten di bidang pengelolaan bisnis. Tak heran dalam waktu satu tahun, lebih dari 1600 alumni telah berkarir di berbagai bidang, mulai dari perbankan, startup, hingga bisnis.

Peluang Karier Lulusan Administrasi Bisnis Telkom University

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, lulusan Administrasi Bisnis Telkom University memiliki bekal yang lebih dari cukup untuk bersaing di dunia kerja.

Di antara berbagai profesi dan jenjang karier potensial bagi para lulusan AdBis, berikut adalah beberapa yang paling populer:

1. Konsultan Bisnis

Kesempatan terjun ke dunia korporasi tidak hanya terbatas pada posisi staf atau manajer, tetapi juga mencakup posisi strategis seperti konsultan bisnis. Pemahaman mendalam tentang sistem administrasi dan ilmu bisnis membuat lulusan AdBis cocok berkarir di bidang ini. Seorang konsultan harus memiliki visi dan kemampuan untuk melihat aspek-aspek bisnis dari segala sisi, serta pengalaman yang tinggi.

2. Human Resource Development (HRD)

Posisi HRD menjadi salah satu pilihan profesi terpopuler di antara lulusan AdBis. HRD bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan pekerja, mulai dari menyelesaikan konflik di tempat kerja hingga merekrut dan mengevaluasi karyawan. Lulusan AdBis dipastikan dapat bersaing untuk posisi ini karena materi kuliah yang relevan.

3. Manajer Perusahaan

Menjadi manajer adalah impian banyak orang. Cara terbaik untuk meraih posisi ini adalah dengan mengambil jurusan yang relevan, seperti Administrasi Bisnis. Lulusan Administrasi Bisnis memiliki kompetensi yang mumpuni untuk menjadi manajer, seperti kemampuan memahami model bisnis, perencanaan keuangan, dan pengelolaan sumber daya manusia.

4. Staf Administrasi

 Sebagai lulusan Administrasi Bisnis, bekerja di bidang administrasi adalah pilihan yang aman. Mata kuliah seperti administrasi dan bisnis, statistik bisnis, pemasaran, akuntansi, dan operasi bisnis sangat bermanfaat dalam karier di bidang administrasi. Selain di sektor swasta, pemerintah juga membuka kesempatan untuk posisi administrasi pemerintahan.

5. Pebisnis

Jalur wirausaha terbuka lebar bagi lulusan S1 Administrasi Bisnis Telkom University. Dengan pengetahuan di bidang pemasaran, operasi bisnis, perencanaan keuangan, sistem informasi, dan model bisnis, Anda dapat merintis bisnis sendiri. Telkom University menjadikan kemampuan entrepreneurship sebagai salah satu fokus utama dalam pendidikan mahasiswa Administrasi Bisnis.

Cakupan bidang keilmuan yang luas dan peluang kerja yang beragam adalah dua faktor utama yang membuat jurusan Administrasi Bisnis di Telkom University selalu diminati setiap tahun ajaran baru. Akreditasi yang mumpuni dan pengalaman Telkom University dalam menghasilkan talenta-talenta baru di dunia manajemen menjadi jaminan mutu bagi calon mahasiswa.

Namun, terlepas dari kualitas lembaga pendidikan dan program studi yang Anda pilih, yang paling penting untuk meraih cita-cita adalah kemauan dan kerja keras. Oleh karena itu, teruslah belajar dan kembangkan kemampuan Anda di luar dinding kampus.

Komentar